Beranda

Friday 16 January 2015

SYUKURI DAN NIKMATI ANEKA RAGAM MAKANAN MELALUI “MEMASAK”



Pesan 1 dalam Gizi Seimbang adalah kita harus mensyukuri dan menikmati aneka ragam makanan. Salah satu cara yang dapat dijadikan implementasi dari pesan ini adalah kegiatan MEMASAK. Karena banyak hal yang akan didapat dengan cara memasak. Sebenarnya koki hebat yang ada didunia ini adalah IBU. Oleh karena itu perlu pendidikan gizi yang baik untuk calon ibu sehingga dapat memberikan yang terbaik bagi sang buah hati pada masa emas. Salah satu manfaat dari memasak sendiri dalam keluarga adalah dapat mengatur pola konsumsi sehari-hari agar mengonsumsi makanan yang bervariasi dan beranekaragam, selain itu dapat ditentukan jumlah porsi makanan itu sendiri yaitu dengan anjuran mengonsumsi lima kelompok jenis pangan setiap hari atau setiap kali makan. Kelima kelompok pangan tersebut adalah makanan pokok, lauk-pauk, sayuran, buah-buahan dan minuman. Mengonsumsi lebih dari satu jenis untuk setiap kelompok makanan (makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan buah-buahan) setiap kali makan akan lebih baik.  
Di samping itu dengan memasak sendiri, pemahaman mengenai teknik dalam memasak dapat diatur sendiri dan yang cukup penting mengenai anggaran belanja juga  dapat diatur dan dapat diminimalisir jumlah anggaran belanja menjadi lebih hemat. Makanan yang sehat dan bergizi bukanlah makanan mahal tetapi makanan yang bervariasi dan aneka ragam yang diolah dengan tangan sendiri.

                                      Gambar 1. Ilustrasi Memasak (www.merdeka.com)

Setelah melalui proses memasak maka akan timbul rasa syukur dan lebih menghargai makanan karena Tuhan Yang Maha Kuasa sudah memberikan sumber daya pangan yang beranekaragam yang dapat diolah menjadi masakan yang bergizi, beragam dan berimbang. Rasa syukur terhadap makanan dapat menjadi edukasi yang penting dimulai dari tingkat paling kecil yaitu rumah tangga atau keluarga. Melalui keluarga inilah dapat dijadikan sebagai ujung tombak pelajaran untuk anak-anak sehingga akan berdampak pada tumbuh kembang dan masa depan anak kelak. Rasa syukur dan menikmati aneka ragam makanan yang disajikan dapat berupa acara makan bersama dengan keluara dengan tidak lupa didahulukan berdoa bersama atas karunia yang telah diberikan melalui makanan, mencuci tangan dan akhirnya menikmati makanan sang koki terhebat yaitu masakan IBU dan diakhiri dengan konsumsi air putih yang cukup. Lebih lanjut, dalam mengkonsumsi makanan hendaknya dipahami tata cara makan yang baik karena ini merupakan salah satu bentuk menikmati makanan yaitu makan yang tidak tergesa-gesa, makanan dapat dikunyah sehingga makanan tersebut dapat dengan baik dicerna dan diserap oleh tubuh.  Pentingnya mensyukuri dan menikmati makanan hasil olahan sendiri sesuai dengan visualiasi piring makanku seperti disajikan pada Gambar 2.

                                                  Gambar 2. Visualisasi Piring Makanku
 
 Penelitian dari Monash University, National Defense Medical Centre di Taiwan dan National Health Research Institutes di Taiwan berusaha mencari efek memakan makanan rumahan bagi kesehatan. Hasilnya menemukan bahwa orang yang makan makanan rumah minimal 5 kali seminggu memiliki kemungkinan 47% lebih besar dapat berumur panjang. Karena banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan kegiatan memasak sendiri untuk keluarga terutama adalah rasa syukur dan lezatnya menikmati aneka ragam makanan yang diolah sendiri. 
“Wujudkan Bangsa yang Sehat dan Berprestasi diawali dengan Masakan Keluarga”

Referensi :
1.  Kemenkes RI. 2014. Pedoman Gizi Seimbang. Direktorat Jendral Bina Gizi dan KIA : Jakarta.

2.  Kurniasih, Dedeh, dkk Editor Prof Soekirman. 2010. Sehat dan Bugar Berkat Gizi Seimbang. PT. Gramedia : Jakarta.

3 comments:

  1. he-eh. dengan memasak, maka aneka ragam pangan tercampur. lalu setelahnya, ada kegiatan menikmati masakan dengan terlebih dahulu berdoa, yakni kegiatan bersyukur kepada Allah ^^

    ReplyDelete
  2. Iya benar sekali Mb Artha, bentuk syukur kepada Allah SWT atas nikmat makanan yang kita konsumsi setiap hari :)

    ReplyDelete
  3. memasak menambah cita rasa dalam hidup kakak

    ReplyDelete